website free tracking




Tips & Trik

Tips Aman Belanja Online Murah Menghindari Penipuan

Tips Aman Belanja Online Menghindari PenipuanTips Aman Belanja Online Menghindari Penipuan

Membeli barang-barang lewat pedagang online emang bukan hal yang aneh di zaman ini karena semua sudah serba digital. Mulai dari perlengkapan rumah, fashion, elektronik, bahkan sampai makanan pun bisa dibeli secara online.

Tapi, sayang kelemahannya kalau tidak waspada dan cerdas, ada risiko terkena penipuan. Jangan sampai pengalaman belanja online kamu ternodai karena penipuan. Apalagi, tergiur barang-barang elektronik dengan harga yang tak sedikit.

Berikut tips aman belanja online murah untuk menghidnari penipuan.

1. Kenali toko online, gunakan situs terpercaya

Tips Aman Belanja Online Murah Menghindari Penipuan - Spoters
Kenali toko online, gunakan situs terpercaya

Ya namanya maling sekarang kadang semakin pintar dalam hal penipuan. Kamu pun musti paham toko online yang hendak transaksi benar-benar terpercaya.

Tips aman belanja online yang pertama coba cek kredibilitas toko online seberapa terkenal. Apalagi jika toko online itu bukan marketplace online ternama. Adakah informasi mendetail yang terpercaya, dari kontak nomor telepon yang bisa dihubungi hingga alamat jelas. Mungkin kamu bisa meminimalisir kasus ini dengan belanja di e-commerce terpercaya.

2. Jangan tergiur dengan harga miring

Tips Aman Belanja Online Murah Menghindari Penipuan - Spoters
Jangan tergiur dengan harga miring

Ini juga triknya “maling” untuk memancing korban agar tergiur dengan tawaran yang bahkan kadang nggak masuk akal. Harganya bisa di bawah harga pasaran. Kalau kamu menemukan hal seperti ini, sebenarnya kamu perlu curiga, jangan langsung tergiur mentang-mentang super murah.

Baca Juga :  Kisah Masinis Kereta Api Tragedi Bintaro

Tips aman belanja online kedua sebelum benar-benar “oke” untuk belanja, kamu bisa bandingkan dulu harga barang tersebut di beberapa toko online lainnya yang mungkin sudah cukup terkenal. Kalau ternyata harganya benar-benar terpaut jauh, mending skip aja deh, daripada kena tipu.

3. Tak selamanya testimoni jadi acuan

Tips Aman Belanja Online Murah Menghindari Penipuan - Spoters
Tak selamanya testimoni jadi acuan

Tips aman belanja online yang ketigajangan terlalu percaya testimoni atau komentar soal produk memang sering jadi bahan pertimbangan ketika akan belanja online.

Tapi, coba jangan hanya fokus ke testimonya saja. Karena testimoni saat ini bisa saja dipalsukan agar lebih menarik calon korban. Hal ini memang terbukti dengan banyaknya korban penipuan karena mereka terlalu percaya dengan testimoni palsu si penipu.

4. Simpan bukti transaksi dengan baik dan minta nomor resi

Tips aman belanja online yang keempat Segala bukti terkait transaksi harus disimpan dengan baik untuk berjaga-jaga apabila kamu terjebak menjadi korban penipuan. Bukti transaksi itu di antaranya berupa, chat via aplikasi pesan instan dan bukti transfer pembayaran.

Jika sudah melakukan pembayaran, pastikan barang dikirim aman dengan meminta nomor resi pengiriman. Nomor resi adalah bukti nomor barang yang akan dikirimkan kepadamu melalui jasa ekspedisi pengiriman barang. Jika barang yang dibeli memang telah dikirim maka tidak ada alasan bagi penjual untuk tidak menunjukan nomor resi pengiriman.

5. Utamakan opsi COD (Cash on Delivery)

Tips Aman Belanja Online Murah Menghindari Penipuan - Spoters
Utamakan opsi COD (Cash on Delivery)

Mungkin ini opsi yang paling aman ketika melakukan pembelian barang online untuk tips aman belanja online . Kamu bisa melakukan pembayaran secara langsung bertemu si penjual atau perantaranya. Kamu juga bisa melihat kondisi barang saat itu juga. Transaksi ini digemari untuk menhindari penipuan. Tapi, sayangnya tidak semua penjualan produk didukung pembayaran COD.

Baca Juga :  5 Perbedaan Orang Sukses dengan Orang Madesu

6. Meminta Rekomendasi dari Orang Lain

Tips Aman Belanja Online Murah Menghindari Penipuan - Spoters
Meminta Rekomendasi dari Orang Lain

Hati-hati buat kamu yang emang belum pernah belanja online sebelumnya. Tips aman belanja online yang keenam lebih baik jika kamu meminta rekomendsi dari temanmu yang sering online shopping.

Temanmu pasti akan merekomendasikan beberapa toko online terpercaya berdasarkan pengalamannya. Percayalah, ini bisa mengurangi risiko penipuan pada dirimu. Ini bisa jadi bahan masukan atau referensi atas produk dan toko onlinenya.

7. Meminta nomor rekening bank berbeda

Tips Aman Belanja Online Murah Menghindari Penipuan - Spoters
Meminta nomor rekening bank berbeda

Tips aman belanja online yang ketujuh sebelum melakukan transaksi di toko online, kamu perlu juga pastikan toko/penjual tersebut memiliki beberapa nomor rekening dengan nama yang sama. Bila orang tersebut memberikan nomor rekening bank lain tapi namanya berbeda, maka kamu perlu waspada.

Setelah meminta beberapa nomor rekening yang berbeda, periksa nomor rekening tersebut apakah pernah melakukan penipuan. Caranya adalah dengan mengetikkan nomor rekening dan juga nama pemilik rekening tersebut di Google.

Leave a Reply