website free tracking




Mitos

Sejarah Mitologi Medusa Berkepala Ular

Sejarah Mitologi Medusa Berkepala UlarSejarah Mitologi Medusa Berkepala Ular

Mitologi medusaedusa adalah sosok terkenal dalam kisah mitologi yunani kuno, medusa digambarkan sebagai perempuan berambut ular yang menyeramkan dan berbahaya. disebutkan bahwa barang siapa memandang mata medusa akan berubah menjadi batu.

Dalam mitologi Yunani kuno, Medusa adalah yang paling terkenal dari tiga saudara perempuan mengerikannya yang disebut Gorgon. Catatan paling awal yang diketahui tentang kisah Medusa dan Gorgon dapat ditemukan di Theogony Hesiod.

Sejarah Mitologi Medusa Berkepala Ular - Spoters
Sejarah Mitologi Medusa Berkepala Ular

Dikisahkan mitologi medusa terlahir sebagai wanita yang amat sangat cantik dengan rambut panjang dan berkilau, mata hijau bagaikan hamparan air laut yang jernih, Kulit semulus porselin dan paras yang amat sangat cantik.

Awalnya medusa bersama dengan perawan perawan lainnya bekerja menjadi penjaga kuil Athena Hingga suatu saat Poseidon sang dewa laut tidak tahan melihat kecantikan medusa dan akhirnya “merajahi” medusa.

Athenapun murka karena medusa telah merusak kesucian kuilnya dan akhirnya mengutuk medusa menjadi seorang monster perempuan. Rambutnya yang indah dirubah menjadi ular-ular berbisa yang tidak pernah tidur dan wajahnyapun dirubah menjadi sedemikian buruknya. Tidak cukup dengan itu, matanyapun dirubah menjadi sangat tidak jelasnya sehingga siapapun yang melihatnya akan berubah menjadi batu.

Medusa dibunuh oleh Perseus atas perintah Raja Polidektes dari Serifos yang meminta kepala Medusa sebagai hadiah. Perseus membunuh Medusa dengan cara melihat bayangan Medusa di cermin agar Medusa tidak mengubahnya jadi batu lalu Perseus memenggal kepala Medusa. Kemudian dua makhluk keluar dari tubuh medusa : Pegasus dan Khrisaor.

Sejarah Mitologi Medusa Berkepala Ular - Spoters
Sejarah Mitologi Medusa Berkepala Ular

Karena keabadian Medusa, meskipun kepalanya terpisah dari tubuhnya, kekuatan matanya masih bisa dimanfaatkan oleh Perseus dan bahkan Athena untuk merubah musuh-musuh mereka menjadi batu. Selama beberapa waktu, Perseus menggunakan kepala Medusa sebagai senjata. Lalu kemudian kepala itu diserahkan kepada Athena untuk kemudian dipasang pada perisai Aigis

Baca Juga :  Musisi yang Menjual Dirinya Kepada Setan

1. Medusa Sebelum Terkutuk

Sejarah Mitologi Medusa Berkepala Ular - Spoters
Sejarah Mitologi Medusa Berkepala Ular

Cerita menggambarkan Medusa sebagai gadis yang cantik. Kecantikannya menarik perhatian Poseidon, yang menginginkan dan merusaknya di kuil Athena. Sang dewi kemudian membalas dendam dengan mengubah rambut Medusa menjadi ular. Sehingga siapa pun yang menatapnya secara langsung akan berubah menjadi batu.

2. Kisah Medusa dengan Perseus

Sejarah Mitologi Medusa Berkepala Ular - Spoters
Sejarah Mitologi Medusa Berkepala Ular

Dalam mitos Perseus, pahlawan dikirim oleh Polydectes, raja Seriphus, dalam upaya untuk memenggal dan membawanya kepala Medusa. Perseus yang adalah putra Zeus dibantu oleh para dewa. Perseus menerima Topi Gaib dari Hades, sepasang sandal bersayap dari Hermes, perisai perunggu reflektif dari Athena, dan pedang dari Hephaestus.

Dengan karunia Ilahi ini, Perseus mencari Medusa dan memenggalnya saat tertidur. Segera setelah Gorgon dipenggal, kuda bersayap Pegasus melompat keluar dari lehernya. Setelah ini, Perseus kembali ke Seriphus. Ketika darah menetes dari kepala Medusa ke dataran Libya, setiap tetes darah berubah menjadi ular berbisa.

Kekuatan kepala Medusa terlihat lagi ketika Perseus bertemu dengan Titan Atlas. Ketika Perseus meminta Atlas tempat istirahat untuk sementara waktu, permintaannya ditolak. Mengetahui bahwa dia tidak akan bisa mengalahkan Titan dengan kekuatan kasar sendirian, dia mengeluarkan kepala Medusa dan Atlas berubah menjadi gunung.

3. Kekuatan Pelindung Kepala Medusa

Sejarah Mitologi Medusa Berkepala Ular - Spoters
Sejarah Mitologi Medusa Berkepala Ular

Meskipun Medusa umumnya dianggap sebagai monster, kepalanya sering dianggap sebagai jimat pelindung yang akan menjauhkan kejahatan. Dengan demikian, gambar kepala Medusa dapat dilihat di banyak artefak Yunani dan Romawi berikutnya seperti perisai, penutup dada, dan mosaik. Saat ini, gambar kepala Medusa yang paling terkenal mungkin milik logo perusahaan mode Italia, Versace.

source : intisari online

Leave a Reply