website free tracking




Sejarah

Sejarah Dibalik Berdirinya Patung Liberty

Sejarah Dibalik Berdirinya Patung LibertySejarah Dibalik Berdirinya Patung Liberty

Patung Liberty adalah salah satu monumen paling ikonik di Amerika Serikat. Patung ini berbentuk sosok wanita yang memegang sebuah obor dan buku. Makna dari patung ini melambangkan demokrasi dan patung ini dibangun untuk memperingati seratus tahun Deklarasi Kemerdekaan.

Patung ini memiliki makna bahwa rakyat Amerika memiliki kebebasan dan demokrasi. Kebebasan berpendapat, hak bebas untuk memilih, hak bebas untuk bertindak dan hak bebas untuk hidup. Oleh karena itu patung liberty sangat penting bagi warga Amerika Serikat karena patung ini sangat bersejarah bagi mereka.

Patung ini adalah ide dari sahabat George Washington, presiden pertama Amerika Serikat. Sahabat George Washington bernama Edouard Rene de Laboulaye Lefebvre. Laboulaye adalah seorang ahli hukum dan pemikir dari Perancis.

Berdirinya Amerika Serikat tidak terlepas dari peran Perancis. Selama revolusi, Perancis yang menyuplai persenjataan bagi koloni-koloni di Amerika Serikat. Persenjataan ini digunakan untuk membebaskan diri dari pendudukan Kerajaan Inggris yang saat itu menjajah Amerika.

Berikut sejarah dibalik berdirinya patung liberty.

1. Perancang Awal

Sejarah Dibalik Berdirinya Patung Liberty - Spoters
Perancang awal patung liberty

Patung ini ternyata buah tangan dari orang Perancis yakni Frederic Auguste Bartholdi. Keahlian yang dimiliki sebagai seniman patung sejak kecil. Diketahui Bartholdi merupakan anak dari seorang tuan tanah yang makmur, namun sayangnya ayahnya meniggal dunia ketika dirinya masih berusia dua tahun.

Baca Juga :  Senjata HAARP yang Dapat Ciptakan Gempa dan Tsunami

Ide pembuatan Patung Liberty muncul ketika dirinya ikut perang Franco-Prussian, dalam perang itulah diaingin menciptakan suatu lambang kebebasan. Menyadari bahwa memerlukan dana besar Bartholdi pun akhirnya melakukan penggalangan dana sendirian.

2. Pembuatan Patung Liberty

Sejarah Patung Liberty dibuat sejak tahun 1876 dengan penambahan dana yang di dapat pada tahun 1879 akhirnya Bartholdi menyelesaikan kembali apa yang dia kerjakan. Hingga akhirnya Patung Liberty selesai pada tahun 1884 di Perancis, itu artinya pengerjaan proyek besar ini mengalami pengerjaan kurang lebih 8 tahun.

3. Pengiriman Patung Liberty dari Perancis

Sesaat setelah bangunan fenomenal ini selesai, kendala dana kembali datang pada tahap pengiriman. Semua dikarenakan pemerintah Perancis tidak menyetujui proyek ini. Untungnya seorang jurnalis Joseph Putlizer memiliki ide brilian dengan menulis artikel untuk mempengaruhi warga Amerika menyumbang dana dan alhasil itupun berhasil. Patung Liberty pun akhirnya berlayar dari Perancis ke Amerika Serikat pada tahun 1885.

4. Simbol kebebasan Amerika Serikat

Kini patung Liberty menjadi daya tarik utama para wisatawan selain menjadi tempat untuk perayaan-perayaan hari besar seperti hari kemerdekaan Amerika dan perayaan pesta kembang api yang dilakukan setipa tahun.

source : segiempat

Leave a Reply