website free tracking




Viral

7 Negara Bangkrut di Dunia Karena Hutang

negara bangkrut di dunia karena hutangnegara bangkrut di dunia karena hutang

Pada tahun 1998 negara Indonesia mengalami krisis moneter dan Indonesia berhutang mencapai 9,1 miliar USD, jika di masukan kedalam rupiah sekitar 90,1 triliun rupiah. Pada saat itu negara Indonesia masuk kedalam Negara bangkrut di dunia yang sedang mengalami krisis moneter, akan tetapi bukan hanya negara Indonesia saja yang mengalami krisis moneter di dunia masih ada negara-negara lain yang mengalami hal tersebut.

Pada masa kepresidenan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono negara Indonesia melunasi hutang tersebut sekitar 8 tahun kemudian atau pada tahun 2006. Akan tetapi, negara Indonesia diwajibkan membayar 2,8 miliar USD untuk iuran cadangan devisa negara yang beranggota IMF, menurut Bank Indonesia. Dengan terjadinya krisis moneter yang melanda negara Indonesia ini hampir menjadikan negara Indonesia sebagai negara bangkrut di dunia.

Jikalau tidak memiliki hutang dengan IMF, menurut data yang ada di kementrian keuangan, jumlah nominal hutang negara Indonesia pada awal tahun 2015 hingga mencapai 2,7 triliun. Masing-masing hutang tersebut 300 triliun rupiah kepada lembaga multilateral, 182 triliun rupiah kepada Bank Dunia, dan 110 triliun rupiah kepada Asia Development Bank. Dengan hutang yang begitu banyak siapa yang akan membayarnya? Ya, sudah tentu kita dan anak cucu kita.

Dengan hal ini apakah kita akan masih mau memiskinkan negeri kita sendiri, dengan cara KORUPSI, tidak membayar pajak, dan mencuri aset bumi negara Indonesia, apabila hal itu masih terjadi tidak menutup kemungkinan Indonesia akan masuk dalam jajaran negara bangkrut di dunia.

Berikut inilah 7 negara bangkrut di dunia karena hutang.

1. YUNANI – Hutang 1,54 Miliar Euro (22,5 triliun rupiah)

7 Negara Bangkrut di Dunia Karena Hutang - Spoters
Yunani negara bangkrut di dunia karena hutang

Yunani dengan penduduk kurang lebih 11 juta jiwa ini tidak sanggup untuk membayar hutang senilai 1,54 miliar Euro dengan nilai rupiah 22,5 triliun pada tanggal 30 bulan Juni tahun 2015, Yunani berhutang kepada Internasional Moneteri Fund (IMF). Dengan hal ini mengejutkan di karenakan negara Yunani sendiri merupakan negara yang maju.

Dengan terjadinya hutang ini berdampak terhadap para investor yang menjadi tidak mempercayakan untuk meng-investorkan negera Yunani ini, padahal dalam keanggotaan Uni Eropa, Yunani sendiri berpotensi memiliki investasi menarik untuk para investornya, namun hal tersebut tidak berjalan mulus akibat dari krisis keuangan dibagian eropa termasuk Yunani sendiri.

Baca Juga :  Fakta Negara Israel yang Belum Diketahui

Dengan hal ini juga berdampak kepada gaji pegawai, menaikan pajak, menunda dana pensiun, dan memangkas anggaran militer di negara Yunani, dengan dilakukan hal tersebut demi meningkatkan cadangan devisa negara akan tetapi hal ini berakibat kepada rakyat yang berdemonstrasi dan melakukan mogok kerja masal.

Hal yang menyebabkan negara Yunani mangalami kebangkrutan yakni diantaranya KORUPSI dan SUAP dengan istilah amplop kecil. Penyuapan terjadi di kantor IMIGRASI, pasien rumah sakit akan baru di tangani apabila ada “amplop kecil”, kemudian izin tidak akan keluar apabila tidak ada “amplop kecil” juga. Apabila tidak ada istilah “amplop kecil” ini maka tidak menjamin semua yang ingin dilakukan berjalan mulu atau tidak akan selesai.

Bukan hal tersebut yang membuat negara Yunani mengalami kebangkrutan, ada faktor lain yakni bocornya 30% uang pajak ketangan para KORUPTOR. Dengan maraknya Korupsi di Yunani sehingga negara tidak bisa memerangi hal tersebut ini.

2. Ekuador – Hutang 3,2 miliar USD (30,73 triliun rupiah)

7 Negara Bangkrut di Dunia Karena Hutang - Spoters
Ekuador negara bangkrut di dunia karena hutang

Ekuador merupakan negara yang mewarisi hutang dari kepemerintahan masa lalu, dengan hal tersebut ekonomi negara Ekuador semakin terpuruk yang berakibat dari kebijakan-kebijakan neo liberal yang di tunggangi negara AMERIKA SERIKAT. Padahal Ekuador sendiri merupakan negara eksportir pisang yang terbesar di dunia.

Pada tahun 1990 Ekuador sudah dipimpin oleh presiden neo liberal yang mampu menghemat aset pasar bebas ala IMF dan Bank Dunia. Akan tetapi kenyataanya sangatlah buruk, perekonomian negara Ekuador semakin terperosok jatuh hingga tingkat inflasi sampai dengan 60%.

Pada tahun 1999 negara Ekuador terkuras perekonomiannya hingga hal ini dinyatakan negara Ekuador ini Bangkrut. Selain berkurangnya standarisasi kehidupan masyarakat di negara Ekuador dan harga barang terus meningkat pesat dengan hal ini terjadi Ekuador mengalami depresi perekonomian.

3. Zimbabwe – Hutang 4,5 miliar USD (43,2 triliun rupiah)

7 Negara Bangkrut di Dunia Karena Hutang - Spoters
Zimbabwe negara bangkrut di dunia karena hutang

Pada tahun 2008 tahun kelam dalam perekonomian dari salah satu negara yang berada di Afrika yang tercatat dalam sejarah. Negara Zimbabwe memiliki hutang senilai 4,5 miliar USD, dengan hal ini pemerintah negara ini berjuang untuk mangatasi tingkat pengangguran yang mencapai hingga 80%.

Hutang tersebut terjadi karena negara ini mengusung kepentingan politik yang terjadi pada tahun 2000. Kepemerintahan negara ini meningkatkan di dalam sektor pertanian komersial domestik, meskipun ekspor negara ini begitu bergantung terhadap perternakan dan pertanian. Pada tahun 2007 produk domestik bruto negara Zimbabwe mengalami penurunan sangat cepat dari angka 6,8 miliar USD di tahun 2007 hingga 4,4 miliar USD di tahun 2008.

Baca Juga :  Swissindo Katanya Bisa Lunasi Hutang Indonesia

Kepemerintahan negara Zimbabwe berjuang dengan keras dari keterpurukan untuk melawan penyakit kolera, inflasi dan kesulitan mendapatkan makanan. Akibat dari hyper inflasi ini menyebabkan harga barang naik tak ternilai. Dan untuk mengatasi hal tersebut akhiran pemerintah negara ini pun meminjam uang kepada pasar obligasi dengan nilai yang tinggi dan hutang tersebut tercatat sampai nilai 4,5 miliar USD. Dengan hal ini Zimbabwe tercatat menjadi negara bangkrut di bagian Afrika.

Pada tahun 2009 akhirnya negara Zimbabwe mengumumkan bawha negara ini mengalami kebangkrutan setelah di terpa oleh kondisi ekonomi yang sangat buruk. Akan tetapi, dari berbagai revormasi dan kebijakan ekonomi dari kepemerintahan negara Zimbabwe berikutnya akhirnya negara ini mampu menggendong ekonomi negara ini dikit demi sedikit.

4. Jamaika – Hutang 7,9 miliar USD (71,1 triliun rupiah)

7 Negara Bangkrut di Dunia Karena Hutang - Spoters
Jamaika negara bangkrut di dunia karena hutang

Jamaika merupakan negara yang penghasilan Bauxite yang terbesar di dunia, akan tetapi pada tahun 2010 tepatnya 4 Februari 2010, Jamaika mendapatkan pinjaman sebesar 1,27 miliar USD dari IMF untuk jangka waktu 3 tahun. Kemudian kepemerintahan membelanjakan uang tersebut untuk anggaran besar untuk bertahun-tahun. Akibat dari tingginya inflasi akhirnya negara Jamaika ini tidak mampu untuk membayar hutang selama 5 tahun.

Padahal 40% dari anggaran pemerintah sudah di pisahkan untuk membayar hutang, sampai dengan bulan Juli 2012, rasio hutang negara ini hingga 139%. Namun tingginya hutang negara inilah yang menjadi sebab melambatnya pertumbuhan ekonomi yang menjadi beban anggaran pemerintahnya setiap tahun.

5. Puerto Rico – Hutang 73 miliar USD (949 triliun rupiah)

7 Negara Bangkrut di Dunia Karena Hutang - Spoters
Puerto rico negara bangkrut di dunia karena hutang

Belum lama kabar negara Yunani tidak mampu untuk membayar hutang, akan tetapi ternyata belum lama juga Puerto Rico juga mengalami nasib yang sama seperti Yunani. Negara yang dijuluki negara persemakmuran Amerika serikat ini juga sama halnya dengan negara Yunani, yang tidak mampu membayar hutang obligasi dikarenakan kehabisan uang tunai. Berita ini disampaikan langsung oleh Gurbenur Puerto Rico yang bernama Alesandro Garcia yang mengumumkan bahwa negara ini sudah tidak mampu untuk membayar hutang.

Negara Puerto Rico ini tidak dapat memenuhi syarat untuk membayar hutangnya yang mencapai 73 miliar USD dan kalau di rupiahkan menjadi 949 triliun rupiah. 80% dari 3,5 juta masyarakat Puerto Rico ini tidak mempunyai pekerjaan tetap. Imbas dari hal ini adalah dana pensiun penduduk pekerja tetap di negara ini tidak dibayarkan dan harga bahan pokok naik hingga 50% dari harga normal.

Baca Juga :  Alasan Dollar Amerika Serikat Menjadi Mata Uang Dunia

Pada masa itu kepemerintahan meminjamkan dana untuk membayarkan hutang, namun terjadi penurunan penerimaan pajak yang di sebabkan oleh krisis ekonomi yang dimulai dari embargo minyak sejak pertengahan 1970 dan resesi pertengahan 1980 sampai awal 1990. Dan akhirnya selama 15 tahun, pemerintah menajalankan tugas dibawah deficit yang konstan sampai mengalami kebangkrutan.

6. Argentina – Hutang 95 miliar SD (1.140 triliun rupiah)

7 Negara Bangkrut di Dunia Karena Hutang - Spoters
Argentina negara bangkrut di dunia karena hutang

Kebanyakan orang yang tidak mengetahui kalau negara sebesar Argentina ini juga mengalami kebangkrutan. Yang di sebabkan oleh KORUPSI yang membuat negara Argentina ini mengalami kebangkrutan. Warga negara Argentina pun putus asa dan panik, akhirnya mereka memutuskan untuk mangambil semua uang mereka dari perbankan. Dikarenakan kabar bahwa pemerintah membekukan semua rekening bank untuk selama satu tahun.

Imbas dari pembekuan semua rekening bank, setiap warga hanya bisa mengambil uang mereka maksimal 250 dollar dalam seminggu. Dan berdampak juga dengan pengangguran yang naik hingga 25%. Hampir 40 ribu orang baru menjadi tunawisma dan untuk bertahan hidup harus dengan mengais sampah. Bukan hanya itu saja dampak dari hal ini, banyaknya jaringan yang di potong untuk kompensasi dari kekurangan KAS negara. Dan Produk Argentina pun di tolak dari beberapa negara.

Pada Juni 2014 negara Argentina tidak mampu membayar hutang kepada kreditor, dan negara Argentina masuk kedalam deretan negara bangkrut di dunia. Dikarenakan pada saat itu kreditor menguasai perekonomian dan mencari keuntungan dari penderitaan warga Argentina. Dan warga Argentina menyabutnya dengan Gana Burung Bangkai, kreditor membeli hutang-hutang dengan harga yang sangat rendah, maksimal pembelian hanya 20% dari harga nominalnya.

7. Nauru – Hutang 240 miliar USD (2208 triliun rupiah)

7 Negara Bangkrut di Dunia Karena Hutang - Spoters
Nauru negara bangkrut di dunia karena hutang

Negara kepulauan kecil yang makmur bernama Nauru ini berjarak 4000 KM dari Sydney Australia, banyak orang yang tidak menduganya kalau negara Nauru ini cuma negara yang berwilayah 75% layak huni. Awal kekayaan negara ini bersumber dari ditemukan fosfat atau pupuk dari kotoran burung yang berusia 1000 tahun pada tahun 1960.

Dengan penemuan ini yang menjadi banyaknya perusahaan asing yang ingin membuat tambang dan ingin mengambil semua persediaan fosfat yang tersedia di negara itu. Dengan banyaknya perusahaan asing yang masuk yang mempengaruhi pemasukan negara ini. Dimasa kejayaan fosfat, negara ini adalah negara yang berpendapatan perkapita paling besar di dunia.

Warga penduduknya hidup hura-hura dan banyak melakukan import, akan tetapi fosfat yang terdapat dalam perut bumi negara itu habis, dimana perekonomian negara ini yang awalnya paling terbesar dan akhirnya menjadi paling rendah dan menjadi miskin.

Imbas dari hal tersebut akhirnya negara Nauru ini meminjam uang kepada negara tetangga Australia untuk hanya sekedar menjalankan kepemerintahannya. Dan sekarang negara Nauru pun masuk dalam deratan negara bangkrut di dunia.

Leave a Reply