website free tracking




Misteri

Misteri Suku Lingon Halmahera Yang Bermata Biru

misteri suku lingon halmahera yang bermata birumisteri suku lingon halmahera yang bermata biru

Ada suatu kisah menarik dari daerah pedalaman Halmahera ini, suku Lingon Halmahera ini bertempat tinggal dikepulauan Maluku Utara, kisah ini menceritakan fisik dari suku Lingon Halmahera yang unik, kenapa bisa unik?

Karena fisik dari orang-orang Halmahera sangatlah berbeda dengan fisik orang-orang Indonesia yang lainnya dan mereka juga tinggal di dalam hutan pedalaman Halmahera. Jauh sebelum Bangsa Indonesia merdeka, ada satu suku unik di Halmahera Selatan, yaitu suku lingon halmahera. Suku ini mempunyai keunikan jika dibanding dengan mayoritas suku yang ada di Indonesia yaitu berkulit putih, tubuh besar, rambut pirang dan bermata biru seperti orang eropa.

Misteri Suku Lingon Halmahera Yang Bermata Biru - Spoters
Misteri Suku Lingon Halmahera Yang Bermata Biru

Orang-orang yang tinggal dipedalaman hutan Halmahera ini memiliki suku yang bernama suku lingon halmahera, suku lingon halmahera ini memiliki ciri-ciri fisik yang unik, yakni mereka memiliki mata yang berwarna biru menyala layaknya orang-orang dari Eropa.

Pulau Halmahera juga merupakan pulau terbesar di daerah Maluku, akan tetapi banyak yang tidak mengetahui tentang keberadaan suku lingon halmahera ini, karena mereka (suku lingon halmahera) bertempat tinggal di suatu tempat terpencil di pulau Halmahera ini.

Suku lingon halmahera ini merupakan keturunan dari suku Kaukasoid yang tampilan fisiknya hampir mirip dengan orang-orang Eropa, walaupun ciri-ciri fisik dari suku lingon halmahera sendiri mirip dengan orang-orang Eropa suku lingon halmahera ini bukanlah keturunan dari suku Melanesia, Weddoid, Polinesia, dan juga Mongoloid.

Misteri Suku Lingon Halmahera Yang Bermata Biru - Spoters
Misteri Suku Lingon Halmahera Yang Bermata Biru

Ada suatu cerita di zaman dahulu pada beberapa ratus tahun yang lalu, ada sebuah kapal orang dari Eropa tenggelam dan karam di laut Halmahera, dan dari beberapa penumpang kapal tersebut selamat dan terdampar di pulau itu dan hingga mereka tinggal dan hidup di pulau itu.

Baca Juga :  21 Mei 1998 Soeharto Mundur Dari Jabatan Presiden

Dengan hal ini terjadi maka semakin kuat juga yang menyatakan kalau orang-orang dari suku lingon halmahera adalah keturunan dari orang-orang Eropa yang selamat dan terdampar di pulau Halmahera, dan orang-orang Eropa yang selamat ini pun membuat suku baru di sana. Banyaknya laporan megatakan bahwa suku lingon halmahera ini menganut kepercayaan dinamisme dan animisme yang merupakan kepercayaan dari awal suku lain di Indonesia.

Ciri-ciri fisik dari suku lingon halmahera sendiri layaknya seperti fisik orang-orang Eropa, yakni memiliki tubuh besar dibandingkan dari suku-suku yang lain di Indonesia dan berkulit putih, sampai dengan wajah dari suku lingon halmahera  sendiri juga hampir mirip sekali dengan orang-orang Eropa.

Misteri Suku Lingon Halmahera Yang Bermata Biru - Spoters
Misteri Suku Lingon Halmahera Yang Bermata Biru

Walaupun asal usul suku lingon halmahera ini belum diketahui sampai sekarang, tapi ada dugaan bahwa para penduduk di suku ini berasal dari daratan Eropa yang menuju ke daerah lain. Tapi, ditengah perjalanan kapal yang membawa mereka karam yang membuat mereka tidak bisa kembali ke daerah asalnya dan kemudian menetap di Halmahera.

Disebabkan tidak lagi bisa mengakses ke dunia luar, hingga suku lingon halmahera menjadi sangat primitif yang akhirnya menganut kepercayaan animisme dan dinamisme. Bahkan kabarnya suku ini termasuk suku yang berbahaya. Karena dianggap berbahaya inilah maka banyak warga sekitar pesisir yang terus memburu bahkan membunuh orang dari suku lingon halmahera ini.

Baca Juga :  Plat Nomor Kendaraan Pejabat Pemerintah Indonesia

Banyaknya kabar menyatakan bahwa suku lingon halmahera sendiri sudah hilang dari Maluku, akan tetapi belum ada kabar yang pasti untuk menyatakan bahwa suku lingon halmahera benar-benar hilang, dan ada juga yang mengatakan bahwa suku Lingon ini sudah menyatu dengan suku-suku yang lain di Indonesia.

Misteri Suku Lingon Halmahera Yang Bermata Biru - Spoters
Misteri Suku Lingon Halmahera Yang Bermata Biru

Hingga kini keberadaan suku ini masih misterius dan belum pernah ditemukan beradaannya. Ada yang mengatakan bahwa suku ini sudah punah dan ada yang juga masih percaya bahwa suku ini masih ada tersembunyi di dalam hutan.

Demikian kisah unik dari suku lingon halmahera yang tinggal dikepulauan Halmahera di Maluku, apa tanggapan kalian dari suku lingon halmahera ini yang memiliki fisik seperti fisik orang-orang Eropa.

Leave a Reply