website free tracking




Misteri

Misteri Tersembunyi di Museum Fatahillah

Misteri Tersembunyi di Museum FatahillahMisteri Tersembunyi di Museum Fatahillah

Museum Fatahillah punya sisi mistis yang melegenda. Karena pernah digunakan sebagai tempat pembantaian, sesekali di kawasan ini juga masih terdengar suara tangisan.

Di museum yang juga dikenal sebagai museum Sejarah Jakarta ini pernah ada suatu kisah kelam. Yakni, pembantaian sadis yang juga pembunuhan keji oleh rezim Belanda terhadap warga keturunan Tiongkok.

Mungkin karena hal itulah, hingga kini sesekali masih terdengar suara-suara teriakan histeris hingga tangisan yang terdengar sangat ramai, tepat di tempat pembantaian.

Sama mengerikan dengan suara tangisan, di area penjara bawah tanah bahkan seringkali ada bau anyir dan amis darah.

Ruang penjara bawah tanah ini sudah berdiri sejak 300 tahun silam. Dulunya, digunakan sebagai tempat penampungan para tahanan, penjahat dan tokoh-tokoh masyarakat yang memberontak terhadap pemerintahan Belanda.

Di sinilah aksi kejam paling banyak terjadi. Para tahanan di masukkan ke sana hingga sesak sebanyak 500 orang, dibiarkan kelaparan, membusuk mati sampai disiksa dengan sadis.

Selain dijadikan sebagai gedung pemerintahan di era Belanda, museum Fatahillah juga dijadikan sebagai tempat eksekusi. Dalam kisah sejarahnya, seorang tahanan yang akan dieksekusi akan diberi tanda dari orang-orang di sekitar museum melalui sebuah lonceng yang dikenal dengan nama lonceng kematian.

Satu kali berbunyi, berarti tahanan mulai digiring ke ruang pengadilan, kedua berarti tahanan sudah berada di atas podium pengadilan. Sedangkan bunyi lonceng ketiga menjadi tanda bahwa tahanan akan segera dieksekusi dan disaksikan oleh pejabat dan hakim pengadilan.

Baca Juga :  Misteri Depo Stasiun Kereta Api Maggarai

Di saat-saat tertentu, lonceng yang dulu memang selalu dibunyikan saat malam hari, masih sesekali berbunyi sendiri. Bahkan, bunyinya hingga tiga kali. ih serem..

Museum ini juga sebagai saksi bisu dari penderitaan tawanan di penjara bawah tanahnya. Ketika air laut pasang, penjara akan terisi air laut, merendam tubuh para tawanan dan membuat kondisi tawanan sungguh menyedihkan.

source : hipwee

Leave a Reply