website free tracking




Viral

Lagu Karna Su Sayang Dicuri Orang Malaysia

Lagu Karna Su Sayang Dicuri Orang MalaysiaLagu Karna Su Sayang Dicuri Orang Malaysia

Beberapa waktu yang lalu Indonesia sempat heboh dengan kepopuleran lagu ‘Karna Su Sayang’. Hal itu tidak terlepas dari pembawaan apik dari Dian Sorowea dan Immanuel Andra. Akan tetapi siapa sangka ternyata netizen Malaysia memiliki lisensinya.

Padahal Immanuel Andra atau Near adalah pembuat lagunya bahkan bahasa yang digunakan pus khas orang timur. Usut punya usut, sosok orang Malaysia yang melisensikan lagu ini di youtube bernama Ismail Abinting. Saat ini Near mencari upaya agar lagu ciptaannya itu tidak benar dicomot oleh Malaysia.

Ternyata bukan itu saja, sejatinya juga banyak lagu Indonesia lainnya yang sempat dicomot di sana.

  • Lagu Igor Saykoji
    Tahun 2008, menjadi salah satu waktu yang panas buat salah satu rapper Indonesia yang terkenal yang satu ini. Pasalnya pada waktu itu diketahui ada konflik antara dirinya dengan salah satu rapper dari Malaysia sana. Ya hal itu dilatarbelakangi atas aksi menjiplak dari Joe Farizal salah satu rapper negeri Jiran atas lirik milik Igor.
  • Lagu ‘Rasa Sayange’
    Kejadian ini bermula ketika lagu asal Indonesia itu dijadikan salah satu Backsound dari promosi pariwisata negeri Jiran. Kemudian muncul juga pengakuan dari pihak Malaysia mengenai lagu tersebut adalah miliknya. Namun akhirnya Menteri Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Budaya Malaysia Rais Yatim mengakui kalau lagu itu memang dari Indonesia.
  • Chant supporter bola Indonesia
    Pencomotan masalah lagu Indonesia oleh Malaysia ternyata juga terjadi dalam masalah sepakbola. Bagaimana tidak, pasalnya nyanyian para suppoter bola tanah air rupanya dipakai oleh pihak Malaysia. Semisal yel-yel dari Bali United yang sempat dipakai tanpa izin oleh para ultras Malaya.
Baca Juga :  Misteri Bohemian Rhapsody Lirik Lagu Queen

Nyanyian milik Bonek pun juga sempat dijiplak, namun akhirnya mereka meminta izin untuk menggunakannya di negeri jiran sama. Bahkan kedua supporter Malaysia sendiri memberikan pernghargaan atas penggunaan yel-yel Bonek di sana.

source : boombastis

Leave a Reply