website free tracking




Viral

5 Grup Band Indonesia yang Go Internasional

5 Band Indonesia Yang Berprestasi di Dunia International5 Band Indonesia Yang Berprestasi di Dunia International

Perkembangan musik di Indonesia mengalami perkembangan yang begitu cepat di dua dekade terakhir. Ini juga yang membuat banyak musisi dan grup band Indonesia makin unjuk gigi dan mendapatkan prestasi besar di kancah musik nasional maupun internasional.

Tak sedikit grup band Indonesia yang punya gaung di negeri seberang dan benua lainnya. Tentunya para musisi ini harus diapresiasi dan didukung sepenuhnya. Sebagian orang Indonesia beranggapan musik Indonesia mengalami penurunan dari segi kualitas. Buktinya di era sekarang ada band-band lokal yang diam-diam prestasinya sudah sampai mancanegara.

Berikut grup band Indonesia yang Go Internasional.

1. Superman is Dead

5 Grup Band Indonesia yang Go Internasional - Spoters
Superman Is Dead Grup Band Indonesia yang Go Internasional

Grup band asal Ubud, Bali ini digawangi oleh Bobby Cool (vokal), Eka Rock (gitar) dan Jerinx (drum) berdiri pada tahun 1995. Pada tahun 2009 silam, mereka berhasil manggung di Amerika, tepatnya manggung dalam event Vans Warped Tour, dan mereka berinisiatif untuk menggarap event sendiri bertajuk From Bali With Love.

Perjalanan karir SID boleh dibilang cukup menggemparkan industri musik Indonesia. Eksistensi grup band tersebut menjadikan mereka sebagai pionir grup band punk rock asal Bali yang telah go internasional. Tiga album telah mereka garap sendiri tanpa dukungan perusahaan rekaman besar, yakni “Case 15” pada tahun 1997, “Superman is Dead” di tahun 1999, “Bad Bad Bad” (mini album, 6 lagu ) tahun 2002.

Baca Juga :  Mitos Dibalik Keindahan Gunung Semeru Malang

2. Gugun Blues Shelter

5 Grup Band Indonesia yang Go Internasional - Spoters
Gugun Blues Shelter Grup Band Indonesia yang Go Internasional

Grup band Indonesia yang beraliran blues rock ini awalnya beranggotakan Muhammad Goenawan (Gugun), John Armstrong (Jono) dan Aditya Bowie (Bowo). Mereka berhasil manggung di klub ternama Inggris, The Monto Water Rats London, yang menjadi penampilan debut kelompok musik Inggris Oasis di tahun 1994 dan juga pernah menjadi opening act konsernya Bon Jovi di London setelah menang di Festival Hard Rock Calling.

Gugun Blues Shelter (GBS) menjadi satu dari sedikit grup band Indonesia yang sanggup menancapkan bendera di kancah panggung internasional. Tak tanggung-tanggung, GBS bahkan bisa satu panggung dengan musisi kaliber dunia seperti The Killers, Rod Stewart, hingga Bon Jovi. Bagaimana mereka melakukannya. Jika kamu sedang meniti karier di industri musik, tentu tujuan go international menjadi target besarnya. Tak hanya kamu yang punya target itu. Mungkin kebanyakan musisi Indonesia berjuang untuk mencapai itu. Dan kamu mungkin bisa belajar dari bagaimana GBS melakukannya.

3. Navicula

5 Grup Band Indonesia yang Go Internasional - Spoters
Navicula Yang Grup Band Indonesia yang Go Internasional

Setelah berganti-ganti personel, Navicula mantap dengan formasi Robi (vokal, gitar), Dankie (gitar), Made (bass) dan Gembul (drum). Grup band ini mengusung grunge Navicula juga pernah memenangkan kompetisi band yang diadakan oleh Rode Rocks. Sebagai hadiahnya, rekaman di Record Plant Studio di Hollywood.

Navicula didirikan tahun 1996 di Bali, Indonesia. Formasi Navicula terkini adalah: Robi (vokal, gitar), Dankie (gitar), Made (bass), Gembull (drum). Nama Navicula diambil dari nama sejenis ganggang emas bersel satu, berbentuk seperti kapal kecil (dalam bahasa Latin, Navicula berarti kapal kecil). Grup band ini mengusung rock sebagai warna dasar musik mereka, berpadu dengan beragam warna etnik, folk, psychedelic, punk, alternatif, funk, dan blues. Liriknya sarat dengan pesan aktivisme dan semangat tentang Damai, Cinta dan Kebebasan. Navicula adalah sebuah grup band psychedelic-grunge dari Bali yang telah mendapat perhatian internasional dengan tur ke Amerika Serikat, Kanada, dan Australia.

Baca Juga :  Misteri Bohemian Rhapsody Lirik Lagu Queen

4. The S.I.G.I.T

5 Grup Band Indonesia yang Go Internasional - Spoters
The sigit Yang Grup Band Indonesia yang Go Internasional

Grup yang digawangi oleh Rekti Yoewono (vokalis, gitaris), Farri (gitaris), Adit Bagja (bassist), Acil Armando (drummer) itu total sudah menyambangi lima kota di Australia, selain Autralia mereka juga pernah tampil dalam ajang SXSW di texas dan menggelar tour California dan Hongkong.

S.I.G.I.T adalah singkatan dari The Super Insurgent Group Intemperance Talent. Grup band yang dibentuk tahun 2002 ini menggunakan teknologi internet untuk mempromosikan karya-karya mereka. Ternyata salah satu label di Australia tertarik dan mengontrak mereka untuk membuat album versi Australia. Setelah itu karier grup band ini menanjak dan sering mendapat tawaran manggung di Australia, Amerika, dan Eropa.

5. White Shoes and The Couples Company

5 Grup Band Indonesia yang Go Internasional - Spoters
White Shoes Company Grup Band Indonesia yang Go Internasional

Lagu-lagu mereka seperti musik di tahun 70-an dengan dandanan khas retro. Setelah teken kontrak sama Minty Fresh Record, label rekaman Amerika Serikat, Album White Shoes and The Couples Company pun dirilis di AS, Meksiko, Kanada, Australia, dan Jepang. Grup band lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini pun semakin ramai mendapat tawaran manggung di luar negeri.

White Shoes And The Couple Company berada di jalur retro dengan campuran klasik dan swing jazz ditambah tone disko bergaya 70-an. Klop dengan gaya pakaian mereka yang bergaya vintage. Mereka sempat menggelar tur di luar negeri. Dua kali mereka tampil di Amerika, pertama di CMJ Music Marathon dan SXSW Music Festival. WSATCC juga menggelar tur Eropa dan tampil di 2 negara yaitu Perancis dan Belanda.

Baca Juga :  Lagu Karna Su Sayang Dicuri Orang Malaysia

Leave a Reply