website free tracking




Fakta

10 Fakta Unik Didi Kempot Ambyar The Godfather of Broken Heart

10 Fakta Unik Didi Kempot The Godfather of Broken Heart10 Fakta Unik Didi Kempot The Godfather of Broken Heart

Fakta unik Didi Kempot yang memiliki nama asli Dionisius Prasetyo merupakan seorang penyanyi campursari yang kembali meraih popularitas setelah beberapa waktu lalu, karya-karyanya mulai dbanyak disukai anak muda.

Tetapi kabar duka datang dari sang legenda yang dijuluki The Godfather of Broken Heart ini. Didi Kempot meninggal dunia di usia 53 tahun pada hari Selasa, 5 Mei 2020, Pukul 7.45 pagi. Setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo.

Berikut 10 Fakta Unik Didi Kempot Ambyar The Godfather of Broken Heart.

1. Berkarya Sejak 1989

10 Fakta Unik Didi Kempot Ambyar The Godfather of Broken Heart - Spoters
10 Fakta Unik Didi Kempot The Godfather of Broken Heart

Penyanyi Didi Kempot sudah aktif bernyanyi sejak tahun 1989 silam. Dia memilih musik campursari sebagai jalan hidup berkeseniannya. Campursari adalah musik yang muncul dari perpaduan instrumen gamelan Jawa dan Barat.

Campursari menggabungkan nada pentatonik dan diatonis. Sebuah percampuran antara tradisionalitas dan modernitas. Dia memulai karirnya sebagai musisi jalanan di kota Surakarta, dan kemudian memutuskan mengadu nasib ke Jakarta.

2. Pernah Jadi Penyanyi Lagu Pop

10 Fakta Unik Didi Kempot Ambyar The Godfather of Broken Heart - Spoters
10 Fakta Unik Didi Kempot The Godfather of Broken Heart

Sebelum terkenal sebagai penyanyi campur sari, Didi Kempot pernah berduet dengan Viara lewat single andalan, Bungkus Saja pada tahun 1993. Lagu yang dinyanyikan bukan bernuansa campursari seperti khas Didi Kempot, melainkan lagu pop dengan upbeat modern.

Campursari versi Didi Kempot pernah dianggap sebagai barang aneh oleh juragan kaset yang dimanja dengan larisnya musik pop atau dangdut. Modal Rp 6 juta Pada tahun 1997, dengan modal sekitar Rp 6 juta, Didi merintis dengan merekam album yang diproduseri sendiri.

Baca Juga :  Swissindo Katanya Bisa Lunasi Hutang Indonesia

3. Makna Nama “Kempot”

10 Fakta Unik Didi Kempot Ambyar The Godfather of Broken Heart - Spoters
10 Fakta Unik Didi Kempot The Godfather of Broken Heart

Pada tahun 1987 Didi Kempot memulai kariernya di Jakarta. Ia kerap berkumpul dan mengamen bersama teman-temannya di daerah Slipi, Palmerah, Cakung, maupun Senen. Mulai dari situ, julukan “Kempot” yang merupakan kependekan dari “Kelompok Pengamen Trotoar” terbentuk, yang menjadi nama panggungnya hingga saat ini.

4. Album Pertama

10 Fakta Unik Didi Kempot Ambyar The Godfather of Broken Heart - Spoters
10 Fakta Unik Didi Kempot The Godfather of Broken Heart

Rekaman lagu Didi Kempot berhasil dilirik label Musica Studio’s. Didi kempot pun meluncurkan album pertamanya di tahun 1989. Salah satu lagu andalan di album tersebut adalah Cidro. Lagu Cidro diangkat dari kisah asmara Didi yang pernah gagal. Tak disangka, lewat kisah asmaranya, lagu Didi Kempot berhasil menarik perhatian penikmat musik Indonesia. Sejak saat itu, Didi Kempot mulai sering menulis lagu bertema patah hati.

5. Julukan Fans

10 Fakta Unik Didi Kempot Ambyar The Godfather of Broken Heart - Spoters
10 Fakta Unik Didi Kempot The Godfather of Broken Heart

Berawal dari lagu – lagunya yang mengisahkan patah hati, Didi Kempot meraih perhatian dari kalangan anak muda di berbagai daerah. Mereka tergabung dalam ” Sobat Ambyar” dan menyebut diri mereka sebagai Sadboys dan Sadgirls. Mereka juga menjuluki Didi Kempot sebagai ” Godfather of Broken Heart” dengan panggilan Lord Didi.

6. Ciri Khas “Jawa”

Pada setiap penampilannya, Didi Kempot tampil dengan ciri khas ” Jawa” yang melekat padanya. Lagu – lagu ciptaannya juga sebagian menggiunakan bahasa jawa.

7. Menulis Hampir 700 Lagu

Didi Kempot telah menulis sekitar 700 lebih judul lagu. Hampir sebagian lagu-lagu yang diciptakan Didi Kempot menggunakan bahasa jawa dan bertemakan patah hati dan kesedihan. Alasan Didi menciptakan lagu bernuansa patah hati dan kesedihan adalah karena kondisi tersebut pernah dialami setiap orang.

Baca Juga :  Bukti Indonesia Lebih Keren dari Malaysia

8. Menggunakan Nama Tempat untuk Lagu

Ada beberapa lagu Didi Kempot yang menggunakan nama-nama tempat di berbagai daerah. Seperti lagu Stasiun Balapan, Terminal Tirtonadi, Kopi Lampung, Perawan Kalimantan, Parangtritis, Pantai Klayar, Tanjung Perak, Tanjung Mas Ninggal Janji, Magelang Nyimpen Janji, Ademe Kutho Malang, Kangen Magetan, Kangen Nickerie.

Meskipun bertema nama tempat, lagu ciptaan Didi Kempot tetap membawa kisah tentang patah hati. Alasan Didi Kempot membuat lagu dengan nama – nama tempat adalah ngin mempromosikan tempat-tempat tersebut. Didi Kempot pun mengaku ia terinspirasi membuat judul lagu demikian karena ia pernah berkunjung ke sana.

9. Mendapatkan Banyak Penghargaan

Berkat lagu – lagunya, Didi Kempot sering meraih berbagai penghargaan musik. Seperti Anugerah Musik Indonesia di tahun 2013 sebagai Solo, Duo/Grup Dangdut Berbahasa Daerah. Dan memenangkan Indonesia Dangdut Awards 2019 sebagaiPenghargaan Khusus Maestro Campursari.

10. Tetap Eksis Setelah 30 Tahun Berkarya

Karya – karya Didi Kempot memang selalu membuat para pendengar setianya terpesona. Hingga 30 tahun ia berkarya di dunia hiburan tanah air, karya nya selalu dinanti dan dinikmati.

Leave a Reply