website free tracking




Tips & Trik

10 Cara Terbaik Menjaga Keamanan HP mu

10 Cara Terbaik Menjaga Keamanan Smarthphonemu10 Cara Terbaik Menjaga Keamanan Smarthphonemu

Rasanya sulit dalam sehari kamu nggak pegang smartphone kesayangan. Maka keamanan hp dari mulai dari berkirim pesan dan gambar, ngegame, nonton film bahkan sampai bekerja. Bisa saja bersinggungan dengan hal-hal yang mungkin berbahaya.

Lalu kamu akan berpikir bagaimana cara menjaga ponsel pintarmu tetap aman dari hal-hal berbahaya yang “tak kasatmata” seperti Virus. Coba ikuti Cara terbaik ini dan kamu mungkin melindungi privasimu dengan cara terbaik dan aman.

Berikut Cara terbaik menjaga keamanan HP mu.

1. Kunci smartphone dengan password

10 Cara Terbaik Menjaga Keamanan HP mu - Spoters
Kunci smartphone dengan password

Tanpa lapisan keamanan ini yang mungkin saja bisa terjadi, siapapun yang mengangkat telepon dapat mengakses aplikasimu dan data yang tersimpan di dalamnya. Coba mulai sekarang buat kode sandi yang hanya kamu yang tahu.

Atau kalau smartphone kamu memungkinkan fitur seperti “touch ID” yang bisa membuka ponsel lewat fingerprint, bisa kamu gunakan itu untuk menjaga keamanan hp mu. Atau kerennya lagi, atur dengan “ID face” yang membuka kunci ponsel ketika kamera menghadap ke depan mengenali wajahmu saja.

2. Hindari tautan yang mencurigakan

10 Cara Terbaik Menjaga Keamanan HP mu - Spoters
Hindari tautan yang mencurigakan

Tautan apapun yang kamu terima dalam email atau teks harus dilihat baik baik demi menjaga keamanan hp mu. Jika kamu tidak mengenal pengirimnya, jangan pernah berpikir untuk mengklik tautan tersebut. Kalaupun tahu pengirimnya, pastikan kamu mengkonfirmasi bahwa mereka benar-benar ngirim link itu sebelum kamu mengklik.

Baca Juga :  5 Perbedaan Orang Sukses dengan Orang Madesu

Akun email, teks, dan pesan palsu yang berpura-pura menjadi orang atau entitas yang kamu kenal adalah trik cybercriminal yang umum, dan dikenal sebagai phishing. Jangan ambil umpan itu.

3. Selalu perbarui softwaremu

10 Cara Terbaik Menjaga Keamanan HP mu - Spoters
Selalu perbarui softwaremu

Setiap kali pembaruan (update) dirilis untuk perangkat, download dan instal segera. Pembaruan ini sering mencakup perbaikan menjaga keamanan hp mu, patch kerentanan, dan pemeliharaan lainnya yang diperlukan.

4. Gunakan kata sandi unik

10 Cara Terbaik Menjaga Keamanan HP mu - Spoters
Gunakan kata sandi unik

Hindari menggunakan kembali kata sandi apapun. Ketika penjahat dunia maya mendapatkan kata sandi pengguna dalam genggaman mereka, mereka mencoba kata sandi itu untuk setiap akun pengguna. Jangan beri mereka kemudahan password semacam itu demi menjaga keamanan hp mu.

Praktik terbaik adalah menggunakan pengelola kata sandi untuk membuat kata sandi yang unik dan sulit untuk dipecahkan. Keuntungan dari pengelola kata sandi adalah mengingat semua kata sandimu. Pilihan lain adalah menggunakan kalimat yang mudah diingat atau “frasa sandi” yang dapat kamu ingat. Kalau perlu dicatat untuk setiap akun, tapi jangan catat di computer atau smartphone juga ya.

5. Gunakan VPN di jaringan Wi-Fi terbuka

10 Cara Terbaik Menjaga Keamanan HP mu - Spoters
Gunakan VPN di jaringan Wi-Fi terbuka

Untuk menjaga keamanan hp mu, kamu harus menggunakan Wi-Fi terbuka dalam situasi seperti ini, dapatkan aplikasi VPN untuk perangkat selulermu. Itu membuat anonim online, sehingga kamu dapat menggunakan Wi-Fi terbuka dengan aman tersembunyi dari mata penjahat cyber yang bersembunyi.

Baca Juga :  5 Produk Google Terbaru Khusus Untuk Indonesia

6. Unduh aplikasi dari platform aplikasi resmi

10 Cara Terbaik Menjaga Keamanan HP mu - Spoters
Unduh aplikasi dari platform aplikasi resmi

Gunakan hanya platfrorm aplikasi resmi. Misal Apple App Store untuk iPhone atau iPad, dan Google Play store untuk Android. Sudah terlalu umum bagi pengembang malware untuk membuat aplikasi jahat palsu dan memasangnya di situs pihak ketiga yang teduh, berharap seseorang akan cukup naif untuk mengunduhnya. Platform distribusi aplikasi resmi memiliki proses pemeriksaan yang lebih ketat dan menjaga keamanan hpmu.

7. Selalu bersihkan chace

10 Cara Terbaik Menjaga Keamanan HP mu - Spoters
Selalu bersihkan chace

Sebuah file yang dibuat untuk penyimpanan sementara dalam smartphone. Fungsi cache untuk mempercepat loading pada saat transfer data pada suatu situs atau aplikasi. Tetapi cache akan terus bertambah dan menumpuk seiring dengan jumlah aplikasi dan situs yang dikunjungi.

8. Cadangkan data ke cloud

10 Cara Terbaik Menjaga Keamanan HP mu - Spoters
Cadangkan data ke cloud

Setidaknya kamu sudah mengurangi resiko dengan membuat cadangan data smartphonemu. Dengan begitu, jika pernah hilang atau dicuri, kamu masih memiliki semua aplikasi, data, dan akun di cadanganmu.

9. Aktifkan penghapusan jarak jauh pada ponsel

10 Cara Terbaik Menjaga Keamanan HP mu - Spoters
Aktifkan penghapusan jarak jauh pada ponsel

Hal ini dimaksudkan jika ponsel hilang atau dicuri, kamu dapat menghapus semua data pribadi dari memorinya dari jarak jauh.

10. Gunakan aplikasi keamanan

10 Cara Terbaik Menjaga Keamanan HP mu - Spoters
Gunakan aplikasi keamanan

Mempertahankan semua tips di atas akan membuatmu tetap waspada, dan menginstal aplikasi keamanan yang kuat akan membawamu kepada perlindungan dan menjaga keamanan hp mu dengan total. Cyber security software berfungsi tanpa henti di latar belakang untuk memastikan tidak ada program atau file yang tidak dikenal, masuk ke perangkat.

Baca Juga :  Senjata HAARP yang Dapat Ciptakan Gempa dan Tsunami

Leave a Reply