website free tracking




Tips & Trik

Cara Mencuci Sepatu Jenis Apapun Supaya Awet

Cara Membersihkan Sepatu Jenis ApapunCara Membersihkan Sepatu Jenis Apapun

Sudah masuk musim hujan nih sobat spoters. Coba deh lihat sepatumu sudah sebuluk apa? Atau memang sepatu-sepatu sudah menumpuk di rak untuk dicuci? Kamu pasti punya banyak model sepatu dari merek, bahan dan warna yang berbeda-beda.

Tapi apakah kamu bisa membuat mereka kembali terlihat bersih dan bagus kembali? dengan mencuci sepatu hanya dengan perlengkapan yang seadanya. Kamu dapat cuci sepatu setiap jenis sepatu dengan cara yang berbeda-beda dan trik khusus setiap bahan sepatu.

Berikut cara mudah cuci sepatu jenis apapun.

1. Sepatu Kanvas

Cara Mencuci Sepatu Jenis Apapun Supaya Awet - Spoters
Cara mencuci sepatu sepatu kanvas

Cara mencuci sepatu berbahan dasar kain bisa berupa sandal bertali, sneakers, flat shoes. Tapi apa pun modelnya, kain itu akhirnya akan menjadi kotor. Kamu mungkin menemukan beberapa trik di online untuk mencucinya di mesin cuci. Tapi coba pertimbangkan kembali karena beberapa sepatu memiliki lapisan kulit dan hampir semua lem sepatu tidak tahan terhadap air.

Sebaliknya, bersihkan permukaan sepatu kain dengan tangan hanya dengan deterjen pencuci piring, air hangat, sikat gigi bekas, dan handuk kertas.

  1. Bersihkan sepatu dengan paper towel (tisu berbahan agak keras) kering untuk menghilangkan semua permukaan tanah yang kasar.
  2. Dalam mangkuk kecil, campur satu sendok teh cairan pencuci piring dan dua cangkir air hangat.
  3. Kerjakan satu bagian kecil, celupkan sikat gigi ke dalam larutan sabun dan gosok kain dengan ringan. Jangan terlalu basah. Lakukan di setiap detail kain untuk menjaga warna konsisten dan mencegah bercak.
  4. Untuk menghilangkan sisa sabun, bersihkan seluruh sepatu dengan paper towel yang dibasahi air jernih. Kamu mungkin perlu beberapa paper towel untuk “membilas” seluruh sepatu.
  5. Lap sepatu (dengan cara mentotol) dengan paper towel dan biarkan sepatu mongering tapi jauh dari panas langsung dan sinar matahari. Untuk membantu sepatu mempertahankan bentuknya, masukkan tisu kering ke dalam jari kaki atau tumit sampai sepatu benar-benar kering.
Baca Juga :  12 Kelebihan Aplikasi Telegram Dibanding WhatsApp

Jangan gunakan metode basah pada sepatu beludru. Sebagai gantinya, sikat dengan sikat berbulu lembut untuk mengangkat tumpukan dan membersihkan noda dengan larutan pembersih kering.

2. Sepatu Kulit

Cara Mencuci Sepatu Jenis Apapun Supaya Awet - Spoters
Cara mencuci sepatu kulit

Cara mencuci sepatu kulit, kulit paten, atau sepatu kulit imitasi, mulailah dengan membersihkan dengan kain kotoran apapun yang dicelupkan ke dalam larutan air dingin dicampur cuka putih suling. Setelah selesai biarkan sepatu mengering sepenuhnya.

Untuk lecet pada sepatu kulit asli, gunakan semir komersial dan cukup ikuti petunjuknya. Jika kamu tidak memiliki semir yang cocok dengan sepatu atletik putih atau warna pelangi, basahi kain lembut dengan air dan celupkan ke dalam sedikit baking soda.

Gosok dengan lembut area lecet dan bersihkan residu dengan kain bersih. Biarkan mengering dan gosok lagi dengan kain bersih. Untuk lecet pada kulit paten dan sepatu kulit imitasi, gosok bekasnya dengan setetes petroleum jelly dan buff dengan kain lembut. Kembalikan kilau dengan semprotan pembersih kaca dan buff dengan kain lembut.

3. Sepatu Suede

Cara Mencuci Sepatu Jenis Apapun Supaya Awet - Spoters
Cara mencuci sepatu suede

Cara mencuci sepatu berbahan suede kuncinya adalah perawatan rutin. Permukaan harus dijaga sekering mungkin dan dibersihkan dengan sikat berbulu halus setiap selesai dipakai untuk menghilangkan debu dan tanah yang gembur. Obati noda secepat mungkin.

  • Noda lecet: Gosok lembut dengan penghapus pensil dan kemudian sikat.
  • Noda berminyak: Taburkan area dengan bedak bayi atau tepung jagung untuk menyerap minyak. Biarkan bedak di atas noda setidaknya selama satu jam dan kemudian bersihkan. Ulangi sampai semua minyak diserap dan kemudian sikat noda.
  • Noda basah: Lap (cara mentotol) dengan handuk kertas atau kain untuk menyerap kelembapan. Biarkan sepatu mengering sepenuhnya dari panas langsung. Sikat untuk menghaluskan.
Baca Juga :  5 Perbedaan Orang Sukses dengan Orang Madesu

4. Sepatu atletik

Cara Mencuci Sepatu Jenis Apapun Supaya Awet - Spoters
Cara mencuci sepatu atletik

Cara mencuci sepatu atletik dengan mudah yaitu dengan mesin cuci, tinggal masukan saja sepatu kotormu kedalam mesin cuci dan dibersihkan dengan deterjen yang baik. Lepaskan sol bagian dalam dan tali, kemudian cuci tali secara terpisah.

Bersihkan kotoran tanah yang berlebihan, tapi sebelumnya bersihkan noda berat dengan penghilang noda sebelum sepatu dikeringkan dengan handuk. Pastikan selalu berada di udara yang kering. Jangan pernah mengekspos sepatu atletik dengan panas pengering yang terlalu tinggi.

Untuk mengendalikan bau dan jamur, bersihkan sol bagian dalam dengan pembersih disinfektan sebelum menempatkannya kembali ke sepatu, atau ganti dengan pelapis baru.

Leave a Reply