website free tracking




Sejarah

Sejarah Kelam Agent Orange Dalam Perang Vietnam

Sejarah Kelam Agent Orange Dalam Perang VietnamSejarah Kelam Agent Orange Dalam Perang Vietnam

Agent Orange adalah julukan untuk senjata kimia campuran antara zat penggugur daun dan herbisida yang digunakan oleh Militer Amerika Serikat selama Perang Vietnam. Cairan ini mengandung zat dioksin yang sangat berbahaya.

Nama Agent Orange berasal dari tong yang digunakan untuk menyimpan bahan kimia ini. Tong-tong tersebut memiliki garis berwarna oranye sehingga cairan kimia itu disebut Agent Orange.

Perang Vietnam yang terjadi sejak tahun 1957 sampai 1975 adalah perang antara dua kubu dasar, yakni liberal dan komunis.

Pada saat itu, tentara Vietnam memanfaatkan faktor geografis yang terdiri dari pegunungan dan hutan-hutan lebat untuk menyerang tentara sekutu.

Karena merasa kalah dengan Vietnam, akhirnya militer Amerika memutuskan untuk menggunakan senjata kimia Agent Orange. Pesawat tempur milik tentara Amerika meyemprotkan 80 juta liter Agent Orange di atas hutan Vietnam.

Senjata kimia itu merontokkan dedaunan hutan, sehingga markas tentara Vietnam terbuka dan menghancurkan produksi bahan pangan di Vietnam.

Agent Orange telah membunuh 400.000 penduduk Vietnam dan 500.000 anak lahir dengan kondisi cacat akibat orang tua yang terpapar racun.

Hingga saat ini, dampak Agent Orange masih dirasakan masyarakat Vietnam. Banyak bayi yang lahir dengan kondisi cacat karena dampak dari Agent Orange.

source : diamma

Leave a Reply