website free tracking




Misteri

Misteri Sosok Firaun Yang Tenggelam Di Laut merah

Misteri Sosok Firaun Yang Tenggelam Di Laut merahMisteri Sosok Firaun Yang Tenggelam Di Laut merah

Firaun atau Firawn atau Pharaoh adalah gelar atau sebutan yang ditujukan bagi raja-raja penguasa Mesir kuno. Sebutan ini dimulai sejak Raja Menes atau Narmer yang hidup sekitar tahun 3100-3050 SM yang juga merupakan Firaun dinasti pertama yang berhasil menyatukan Mesir Hulu dan Mesir Hilir.

Pada sebagian besar sejarahnya, Firaun dianggap sebagai manusia suci yang merupakan wakil bangsa Mesir di hadapan dewa. Maka tak mengherankan kemudian jika ada beberapa penguasa Mesir kuno dahulu menyebut dirinya sebagai Tuhan.

Ketika meninggal dunia, Firaun biasanya akan dimakamkan di sebuah makam megah dengan tulisan hieroglif di sekitarnya. Makamnya pun bukan makam biasa karena setelah melalui proses mumifikasi, jasadnya akan dimasukkan ke dalam sarkofagus dan selanjutnya dimakamkan bersama dengan seluruh harta bendanya.

Nama atau sebutan Firaun sendiri sebenarnya tidak asing bagi kita. Nama ini seringkali merujuk kepada penguasa Mesir yang kejam dan zalim. Namun sebenarnya tak semua Firaun kejam dan suka menyiksa rakyatnya. Selain itu pula, Firaun biasanya identik dengan penguasa laki-laki.

Namun sebenarnya dalam beberapa dinasti Firaun yang pernah menguasai Mesir kuno, ada beberapa nama Firaun wanita di antaranya yaitu Nefertiti, Hatshepsut, Sobekneferu, Khentkaus I, Ahhtep I, hingga Twosret.

Siapa Sebenarnya Sosok Firaun yang Tenggelam di Laut Merah?
Sebenarnya ada beberapa perbedaan pendapat mengenai siapa sebenarnya sosok Firaun yang kejam dan zalim pada masa Nabi Musa dan akhirnya tenggelam di Laut Merah. Telah banyak penelitian yang mencoba menguak misteri ini.

Sebagian besar pendapat para peneliti meyakini bahwa Nabi Musa hidup pada zaman Firaun dinasti ke sembilan belas. Ada 8 Firaun yang berkuasa pada dinasti ini dari tahun 1295-1186 SM, yaitu:

  1. Ramesses I – 1295-1294
  2. Seti I – 1294-1279
  3. Ramesses II the Great – Fir’aun pada jaman nabi Musa AS – 1279-1213
  4. Merneptah/Mineptah – 1213-1203
  5. Amenemses – 1203-1200
  6. Seti II – 1200-1194
  7. Merneptah Siptah – 1194-1188
  8. Twosret – Firaun wanita – 1188-1186

source : merinding

Leave a Reply