website free tracking




Sejarah

Indonesia Korbankan Tiket Lolos Piala Dunia Demi Palestina

Indonesia Korbankan Tiket Lolos Piala Dunia Demi PalestinaIndonesia Korbankan Tiket Lolos Piala Dunia Demi Palestina

Meski sekarang ajang Piala Dunia mungkin hanya sebuah mimpi bagi Indonesia, namun pada tahun 1958 mimpi itu pernah hampir menjadi nyata. Saat itu persepakbolaan Indonesia tengah berada di puncaknya, bahkan Indonesia dijuluki sebagai “Macan Asia”.

Pada tahun tersebut Indonesia tinggal selangkah lagi untuk lolos ke ajang Piala Dunia. Namun sayangnya di babak ini Indonesia harus bertanding melawan Israel.

Pemerintah saat itu kemudian memutuskan untuk tidak melanjutkan pertandingan. Alhasil Indonesia mengundurkan diri dari pertandingan.

Kejadian ini bukan tanpa alasan, namun sebagai bentuk dari rasa solidaritas terhadap Palestina.

Meski harus membuang kesempatan emas untuk maju ke Piala Dunia dengan peluang kemenangan yang besar, Indonesia tetap teguh pendirian untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan negara Timur Tengah.

Selain itu juga, pada masa itu Israel memang tidak diakui sebagai sebuah negara.

Sangat disayangkan Timnas yang kala itu berisikan pemain-pemain hebat serta pelatih yang jenius seperti Maulwi Saelan, Ramang, Tan Lion Hou dan Toni Pogacnik, akhirnya harus kalah sebelum berperang.

Kendati demikian Indonesia juga harus berbangga hati karena hal ini dipandang sebagai kebesaran hati untuk sesama.

Setelah Indonesia tersisih, Timnas Wales akhirnya menggantikan posisi Indonesia untuk bertanding melawan Israel dan mengalahkan Israel dengan skor 2-0.

Sebenarnya Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang menolak untuk bertanding dengan Israel, ada tiga negara lain yang menolak bertanding dengan Israel yaitu Turki, Sudan dan Belgia dengan alasan yang tidak diketahui.

Tak hanya menolak melawan Israel di Kualifikasi Piala Dunia 1958, Presiden Soekarno saat itu juga melarang Israel mengikuti Asian Games 1962 di Jakarta.

Indonesia menolak karena tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel dan Indonesia menolak memberikan visa kepada para atlet dan official Israel.

source : megamein

Leave a Reply